BerandaNewsLaporan PertandinganNewcastle United vs Wigan Match Report: Akhirnya 3 Poin!

Newcastle United vs Wigan Match Report: Akhirnya 3 Poin!

Senin 3 Desember 2012

Newcastle United 3 -0 Wigan Athletic

(HT: 2 – 0)

(Ba ’13, Ba ’21, Bigirimana ’71)

Newcastle United (4-4-2): Krul; Simpson, Williamson, Coloccini, Santon (off ’49); Marveaux, Tiote (off ’46), Anita, Jonas (off  ’75); Ba, Cisse.

Subs: Harper, Shola Ameobi, Ranger, Tavernier, Sammy Ameobi (on ’75), Bigirimana (on ’46), Ferguson (on ’49).

Wigan Athletic (3-4-3): Al Habsi, Stam, Boyce, Caldwell (off ’46); Figueroa (sent off  ’12), Gomez (off ’23), Jones, McCarthy; Beausejour, Di Santo (off ’83), Kone.

Subs: Pollitt, Boselli, Fyvie, Golobart, Lopez (on ’46), McArthur (on ’23), McManaman (on ’83).

 

Rasa pesimis di kalangan fans Newcastle akhirnya sirna setelah Newcastle United berhasil membukukan kemenangan meyakinkan 3-0 atas Wigan Athletic di St James’ Park berkat dua gol Demba Ba, dan gol debut Gael Bigirimana.

Tidak dapat dipungkiri memang, salah satu katalis kemenangan Newcastle ini adalah sebuah penalti yang diberikan oleh wasit Mike Jones yang juga disertai dengan kartu merah bagi Maynor Figueroa pada menit ke-12. Penalti ini memang terasa kurang adil bagi Wigan. Pasalnya, wasit Jones memberikan penalti karena Figueroa dianggap melanggar Papiss Cisse saat berusaha mengejar bola terobosan dari Demba Ba. Kenyataannya, saat di tayangan ulang terlihat bahwa mungkin hadiah penalti itu sedikit berlebihan karena Cisse jatuh dikarenakan pundak kedua pemain yang beradu. Hadiah penalti tersebut tidak disia-siakan oleh Demba Ba, yang berhasil menjebol gawang Ali Al Habsi dengan tanpa kesulitan.

Unggul satu gol dan satu pemain, serangan Newcastle yang dimotori Marveaux dan Anita terus mendominasi pertandingan, dan akhirnya gol kedua pun diraih setelah tendangan keras Santon dari luar kotak penalti hanya dapat diblok oleh Al Habsi, dan bola muntah pun diceploskan ke gawang oleh Ba, yang mencetak gol ke-10 nya di Liga Inggris musim ini.

Di awal babak kedua, Santon dan Tiote ditarik karena cedera dan digantikan oleh Bigirimana dan Ferguson. Pergantian ini tidak membuat ritme Newcastle terganggu, dan serangan-serangan pun terus dibangun terutama oleh Marveaux yang tampil sangat brilian hari ini.

Menit ke-71, serangan Marveaux akhirnya membuahkan hasil. Setelah melakukan dribel bagus yang merusak pertahanan Wigan, Marveaux menyodorkan bola kepada Bigirimana, yang melakukan satu langkah tipuan kedalam sebelum melesakkan bola ke pojok kanan atas gawang tanpa dapat diselamatkan lagi oleh Al-Habsi. Gol ini merupakan gol pertama Bigirimana bagi Newcastle United, dan juga merupakan gol pertama dari seorang warga negara Burundi di Liga Inggris.

Menit ke-87, Demba Ba keluar dari lapangan setelah Newcastle menggunakan ketiga kesempatan pergantian pemainnya, membuat pertandingan menjadi imbang 10 vs 10, namun hal ini tidaklah menjadi masalah karena waktu sudah hampir habis, dan pertandingan pun berakhir dengan skor 3-0 bagi kemenangan Newcastle United.

Kemenangan yang mahal mungkin, karena dibayar dengan cederanya tiga lagi pemain inti Newcastle, tetapi kemenangan ini juga sangatlah berarti setelah empat kekalahan beruntun yang dialami Newcastle.

Berikut cuplikan pertandingan Newcastle United vs Wigan Athletic:

Howay The Lads!

-yds-

Geser ke Atas